Politeknik Aisyiyah Sumatera Barat

Politeknik ‘Aisyiyah Sumatera Barat merupakan perguruan tinggi swasta milik Persyarikatan Muhammadiyah yang diselenggarakan oleh Pimpinan Pusat ‘Aisyiyah dan dikelola oleh Pimpinan Wilayah ‘Aisyiyah Sumatera Barat di Padang. Politeknik ‘Aisyiyah Sumatera Barat merupakan perubahan dan pengembangan dari Akademi Keperawatan ‘Aisyiyah Padang yang awalnya dinamakan SPKU (Sekolah Penjenang Kesehatan Umum ) tahun 1980 – 1983. Tahun 1984 diganti namanya dengan SPR (Sekolah Perawat), kemudian pada tahun 1987 dikukuhkan dengan SK MENKES RI No. 639/KEP/DIKNASKES /II/87 menjadi SPK (Sekolah Perawat Kesehatan), sampai tahun 2000 telah menghasilkan 681 orang Tenaga Perawat Kesehatan yang tersebar di seluruh Nusantara, baik pada Instusi Pemerintah (RSU dan Puskesmas) maupun swasta (SRB, Klinik) atau yang bertugas di Bidan Desa. Tahun 2000 berdasarkan SK MENKES RI No. HK.00.06.1.3.1437 Tanggal 15 Mei 2000 di konversi menjadi AKADEMI KEPERAWATAN (AKPER) ‘AISYIYAH PADANG menerima mahasiswa angkatan I sebanyak 50 orang. Tahun 2006 Terdaftar sebagai PTS di Lingkungan Kopertis Wilayah X Berdasarkan SK MENDIKNAS RI No. 238/D/O/2006 dan izin penyelenggaraan pada tahun 2009 telah diperpanjang dengan Nomor SK 1339/D/T/K-X/2009 yang berlaku selama 3 tahun yaitu sampai bulan Maret 2012. Akademi Keperawatan ‘Aisyiyah Padang, pada tahun 2016 direakreditasi oleh Lembaga Akreditasi Mandiri Perguruan Tinggi Kesehatan (LAM-PTKES) dengan nilai akreditasi B. Saat ini Akper ‘Aisyiyah Padang juga sudah melaksanakan Akreditasi Perguruan Tinggi (AIPT) dan memperoleh nilai B. Pada tanggal 16 Oktober 2020 Akper ‘Aisyiyah Padang berubah bentuk menjadi Politeknik ‘Aisyiyah Sumatera Barat dengan SK No. 929/ M/ 2020 dengan Program Studi DIII Keperawatan, dan tambahan dua Program Studi baru,yaitu Program Studi Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Sarjana Terapan, dan Program Studi Bisnis Jasa Makanan (BJM) Sarjana Terapan.

Website        : https://politasumbar.ac.id/

Pendaftaran : https://pmb.politasumbar.ac.id/

 

Jl. Penjernihan III, Gunung Pangilun, Kecamatan Padang Utara, Kota Padang, Provinsi Sumatera Barat

Visi : Menjadikan Program studi DIII Keperawatan yang Islami dan berdaya saing di tingkat Nasional

Tenaga Keperawatan merupakan salah satu tenaga Kesehatan yang memegang peranan penting dalam meningkatkan derajat kesehatan dan merupakan tulang punggung di fasilitas pelayanan karena jumlahnya lebih banyak dibandingkan tenaga kesehatan lain. Perawat memiliki  peran sebagai caregiver yang merupakan peran utama dimana perawat akan terlibat aktif selama 24 jam dalam memberikan asuhan keperawatan kepada pasien. 

Prodi Keperawatan  Politeknik 'Aisyiyah Sumatera Barat merupakan salah satu perguruan tinggi kesehatan yang menghasilkan calon perawat yang berkompeten sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Didukung dengan nilai nilai Al islam Kemuhammadiyahan/Ke 'Aisyiyahan perawat yg dihasilkan juga mampu memberikan pelayanan yg islami dan berakhlak mulia.

Profil Lulusan

1. Perawat yang professional dan islami 

Menerapkan konsep dan prinsip etika Keperawatan, komunikasi dalam praktek Keperawatan professional dan Islami

2.Perawat Pelaksana Asuhan Keperawatan

Melahirkan perawat pelaksana asuhan keperawatan yang memiliki kemampuan dalam memenuhi kebutuhan dasar manusia yang meliputi  aspek bio, psiko, sosio, kultural, dan spiritual

3.Peneliti Muda Keperawatan

   Berperan serta dalam penelitian dan     pengembangan keperawatan.


KESELAMATAN & KESEHATAN KERJA

Visi Keilmuan Program Studi

Prodi Keselamatan dan Kesehatan Kerja POLITA Sumatra Padang berfokus pada pengembangan keselamatan dan kesehatan kerja bidang higeine industri yang berdasarkan nilai-nilai Islam Berkemajuan.

PROFIL LULUSAN

Profil

Deskripsi

Pengawas K3

Sarjana Sains Terapan K3 yang mampu melakukan pengawasan pelaksanaan norma K3 pada perusahaan-perusahaan di bidang higiene industri yang berada di wilayah pemerintahan daerah atau pusat.

HSE (Health Safety Environment) Manajer

Tenaga profesional yang memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam pengendalian serta pengawasan keselamatan dan kesehatan kerja dengan menggunakan manajemen K3 pada perusahaan khususnya di bidang higiene industri.

Pembimbing Kesehatan Kerja

Tenaga Profesional yang mampu melakukan kegiatan pembimbingan kesehatan kerja dalam persiapan, pelaksanaan, monitoring, dan evaluasi pada kegiatan upaya kesehatan kerja di rumah sakit, puskesmas maupun perusahaan.

 

Semua lulusan berkepribadian Islam berkemajuan

Manusia pembelajar yang bertakwa, berahlak mulia, berkemajuan dan unggul dalam ipteks sebagai perwujudan tajdid dakwah amar makruf nahi munkar.

Lulusan yang mengenal diri dan Tuhan, misi, tujuan dan manfaat hidupnya sebagaimana dituntunkan dalam al-Qur’an dan as-Sunnah , taat dan benar dalam beribadah, unggul dalam bermuamalah, dan bermanfaat bagi masyarakat dan lingkungan, mampu berperan sebagai kader Persyarikatan Muhammadiyah/ ’Aisyiyah yang mampu ber-amar makruf nahi munkar dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, yang berjiwa dan berperilaku cendekia (ulul albab)

Apa itu Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3)?

Berdasarkan data BPS 2019, indonesia sedang gencar- gencarnya  nya melakukan pembangunan.
Era 4.0 seiring perkembangan IPTEK, menjadikan industri gencar ada dimana-mana. 
K3 sangat erat kaitannya dengan industri

Salah satu contoh proyek yaitu pembangunan tol yang hampir ada di kota kota besar di Indonesia dan akan terus dilanjutkan beberapa tahun mendatang.

Di Prodi K3 kita akan mempelajari tentang mengantisipasi, pengenalan, evaluasi dan pengendalian kondisi, tempat kerja yang dapat menyebabkan tenaga kerja mengalami kecelakaan kerja atau penyakit akibat kerja. 

Profesi keselamatan dan kesehatan kerja ini sangat dibutuhkan di setiap instansi baik pemerintahan maupun swasta seperti perusahaan manufacture, pertambangan, oil dan gas, konstruksi, garmen, rumah sakit, baik perusahaan lokal maupun luar negeri.

Melihat situasi Indonesia saat ini, K3 sangat dibutuhkan dimana-mana

Prodi K3 POLITEKNIK 'AISYIYAH SUMATERA BARAT, kamupus yg menciptakan sarjana terapan siap pakai di lapangan kerja. Dengan berbagai teori dan praktek lapangan, politeknik sumatera barat melahirkan sarjana terapan yg terampil.

VISI

Program Studi Bisnis Jasa Makanan Fokus dalam mengembangkan dan melestarikan kuliner  tradisional Minangkabau yang halal dan baik (halalan thayyiban)

Bisnis Jasa Makanan merupakan sektor bisnis yang tahan terhadap krisis karena masyarakat membutuhkan pasokan makanan dan minuman dalam kondisi apapun bahkan dalam kondisi sulit sekalipun

Mengenal prodi BJM, apa yang dipelajari?

Di Prodi BJM kamu akan mempelajari mengenai :

  1. Pengolahan Makanan
  2. Penyajian Makanan Dengan Memperhatikan RASA, ESTETIKA, KUALITAS, GIZI yang halal dan baik (halalan thayyiban)
  3. Kuliner Tradisional Minangkabau
  4. Pengolahan Pastry dan Bakery
  5. Gizi Kuliner
  6. Strategi Bisnis

PROSPEK KERJA LULUSAN

1. Entrepreneur

Lulus dari prodi BJM ini kamu bisa bikin usaha sendiri dengan omzet yang fantastis

2.Marketer

Sebagai marketer dibidang kuliner, tentu kamu sering berinteraksi dengan customer, jaringan luas dan tidak lupa pendapatan yang tinggi

3. Praktisi Bidang Industri kuliner

Lulus dari prodi BJM ini akan sangat kecil kemungkinan kamu mengganggur...!!!

Karena kamu bisa merintis usaha bidang kuliner tentunya dengan cara yang profesional