Sekolah Tinggi Teknologi Industri Padang

1. Informasi Tentang STTIND Padang

Secara Geografis letak STTIND Padang berada pada pusat kota Padang di Jl. Prof. DR. Hamka No. 121 Tabing Padang dekat Kampus Universitas Negeri Padang (UNP). Untuk info selanjutnya dapat menghubungi cp/wa : 081270210093 (Ayu) dan 082386758367 (Tika).

2. Sejarah STTIND Padang

Didorong oleh rasa turut bertanggung jawab terhadap kemajuan pendidikan di negara kita pada umumnya dan Sumatera Barat pada khususnya, maka pada tahun 1982 Yayasan M. Yamin Padang mendirikan Akademi Perindustrian yang berorientasi pada “AKPRIN” Yogyakarta. Setelah mendapatkan saran-saran akademis, selanjutnya mengajukan rekomendasi ijin mendirikan Akademi tersebut kepada Gubernur Propinsi/Dati I Sumatera Barat, kemudian diteruskan kepada koordinator Kopertis Wilayah I Medan untuk mendapatkan ijin operasional. Koordinator Kopertis Wilayah I Medan melalui suratnya nomor 077/SK/KOP.I/1984, tanggal 5 April 1984 memberikan ijin operasional berdirinya Akademi Perindustrian Padang dengan jurusan:

  1. Jurusan Manajemen Industri
  2. Jurusan Statistik Industri
  3. Jurusan Maintenance Industri

Pada tahun 1984 Koordinator Kopertis Wilayah I Medan dengan suratnya nomor 041/R/KOP.I/1984 mengusulkan kepada Mendikbud untuk mendapatkan Status Terdaftar, kemudian Menteri merealisasikan dengan keputusan Nomor 076/0/1985, tanggal 21 Februari 1985 untuk Jenjang Pendidikan Diploma III yaitu :Akademi Teknologi Industri Padang, disingkat ATIND dengan Jurusan Teknik dan Manajemen Industri. Kemudian pada tahun 1988 atas usul Kopertis Wilayah I Medan, jenjang pendidikan ditingkatkan menjadi Program Sarjana (S1) dan Diploma III (DIII) yang dituangkan dalam keputusan Mendikbud No. 086/0/1988 dengan jurusan:

Teknik dan Manajemen Industri, dengan Program Studi:
  1. Teknik industri
  2. Manajemen Industri
Teknik Informatika, dengan Program Studi:
  1. Teknik Informatika

Maka dengan keluarnya status terdaftar untuk Program Sarjana dan Diploma III maka sebutan ATIND berubah menjadi Sekolah Tinggi Teknologi Industri (STTIND) Padang. Berdasarkan Surat Keputusan Badan Akreditasi Nasional No : 021/BAN-PT/Ak-IV/VIII/2000, tanggal 31 Agustus 2000, Program Studi Teknik Industri STTIND Padang telah mendapatkan predikat “Terakreditasi” dengan nilai “B”. Berdasarkan SK Dirjen Dikti No. 166/D/T/2005 tanggal 13 Januari 2005 dikeluarkan perpanjangan ijin penyelenggaraan Program Studi Teknik Industri. Pada tahun 2007, Badan Akreditasi Nasional mengeluarkan perpanjangan akreditasi berdasarkan Surat Keputusan No : 011/BAN-PT/Ak-X/S1/V/2007 tanggal 26 Mei 2007. Berdasarkan SK. Dirjen Dikti Depdiknas No. 1597/D/T/2002 dikeluarkan ijin penyelenggaraan 2 (dua) program studi baru yaitu Program Studi, Teknik Pertambangan dan Teknik Lingkungan. Kemudian, Program Studi Teknik Lingkungan dan Teknik Pertambangan juga telah mendapatkan perpanjangan ijin dengan SK Dirjen Dikti masing-masing No. 290/D/T/2007 dan No. 291/D/T/2007 tanggal 12 Februari 2007. Tahun 2008, Program Studi Teknik Mesin juga telah mendapatkan perpanjangan ijin dengan SK Dirjen Dikti No. 3227/D/T/2007 tanggal 11 Oktober 2007. Mulai Semester Genap Tahun Akademik 2007/2008 STTIND Padang membuka 1 (satu) program studi lagi yaitu Program Studi Sistem Informasi (S1) dengan ijin penyelenggaraan No. 901/D/T/2008 tanggal 24 Maret 2008. Sehingga tahun 2008 STTIND Padang telah mempunyai 4 (lima) program studi, yaitu:

  1. Program Studi Teknik Industri (Terakreditasi C)
  2. Program Studi Teknik Pertambangan (Terakreditasi B)
  3. Program Studi Teknik Lingkungan (Terakreditasi B)
  4. Program Studi Sistem Informasi (Terakreditasi B)
3. Visi dan Misi STTIND PADANG Visi :

Menjadi Perguruan Tinggi yang Unggul dengan Lulusan yang berkualitas dibidang Teknologi Industri yang berjiwa Kewirausahaan di Kawasan Sumatera Pada Tahun 2025 Misi :

  1. Menyelenggarakan proses pendidikan yang bermutu dan professional bidang Teknik industri,Teknik Pertambangan, Teknik Lingkungan dan Sistem Informasi.
  2. Mengembangkan dan menyebarluaskan penelitian dan bidang Teknik industri, Teknik Pertambangan, Teknik Lingkungan dan Sistem Informasi.
  3. Melaksanakan kegiatan pengabdian pada masyarakat pada bidang Teknik industri, Teknik Pertambangan, Teknik Lingkungan dan Sistem Informasi yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat.
  4. Meningkatkan kerja sama yang saling menguntungkan secara lokal, nasional dan internasional. Meningkatkan pengelolaan Sekolah Tinggi mengenai tata-kelola yang baik (Good Governance).

Jl. Prof. DR. Hamka No. 121 Tabing Padang

Prodi Sistem Informasi STTIND berdiri pada Tahun 2008. Program studi Sistem Informasi memiliki akreditasi B.
Prodi Sistem Informasi merupakan program studi yang Menghasilkan Sarjana Komputer yang kompeten di bidang Sistem Informasi dan mampu mengaplikasikan Teknologi Informasi sesuai dengan kebutuhan pengguna

Program studi Sistem Informasi STTIND memiliki visi menjadi prodi yang memiliki kemampuan akademik dibidang Sistem Informasi dan dapat bersaing di dunia kerja serta berjiwa kewirausahaan.

Prodi teknik Lingkungan STTIND berdiri pada Tahun 2002. Program studi Teknik Lingkungan memiliki akreditasi B.
Prodi teknik Lingkungan merupakan program studi yang menghasilkan sarjana yang mampu memberikan solusi alternatif dan mampu mendesain teknologi tepat guna untuk mencegah dan menanggulangi pencemaran lingkungan (air, udara, tanah) serta mampu melakukan managemen dibidang lingkungan.

Program studi Teknik Lingkungan STTIND memiliki visi menjadi prodi yang menghasilkan lulusan teknik lingkungan yang unggul dengan lulusan mempunyai kemampuan akademik yg baik, dapat bersaing di dunia kerja serta berjiwa kewirausahaan.

PROGRAM STUDI TEKNIK PERTAMBANGAN

Sekolah Tinggi Teknologi Industri Padang (STTIND), merupakan satu-satunya PTS yang mempunyai Program Studi Teknik Pertambangan dengan Akreditasi B di Kawasan Sumatera Bagian Tengah (Sumatera Barat, Jambi, Riau).

Teknik Pertambangan merupakan bidang ilmu yang berhubungan dengan teknologi untuk menemukan (eksplorasi), menambang (eksploitasi) dan pemrosesan sumberdaya mineral dan batubara, serta memberikan gambaran mengenai kemungkinan pengusahaan mineral dan batubara tersebut dengan efisien dan efektif, baik dilihat dari segi waktu, biaya, maupun dalam memperkecil resiko pengolahan endapan tersebut.

Visi dari Program Studi Teknik Pertambangan 

“Menjadi Program Studi Dengan Lulusan Yang Unggul dan Berkualitas di Bidang Tambang Bawah Tanah dan Berjiwa Kewirausahaan di Kawasan Sumatera Pada Tahun 2025”.

Profil Lulusan Program Studi Teknik Pertambangan

 “ Menghasilkan lulusan yang mampu bekerja sebagai perencana, pelaksana, serta pengawas di bidang pekerjaan teknik pertambangan pada instansi pemerintah, pendidikan, perusahaan, kontraktor dan konsultan pertambangan, perusahaan lainnya yang berkaitan dengan tambang, serta menciptakan kewirausahaan”.

KENAPA HARUS MEMILIH JURUSAN TEKNIK PERTAMBANGAN?

  1. Lulusan Teknik Pertambangan memiliki peluang karier yang luas di industri pertambangan batubara, tembaga/emas, nikel, timah, pasir besi, juga industri mineral.
  2. Industri pertambangan umumnya menawarkan gaji yang fantastis untuk para pegawainya. Bahkan, perusahaan dengan gaji tertinggi di Indonesia berada di industri pertambangan, lho.
  3. Selain industri pertambangan, industri lainnya seperti alat berat, semen maupun pembangkit listrik juga membutuhkan lulusan Teknik Pertambangan.
  4. Menjadi abdi negara (ASN) bisa bergabung dengan kementerian ESDM sebagai analis kegiatan eksplorasi dan eksploitasi, analis ketenagalistrikan, analis pengembangan infrastuktur ataupun inspektur tambang.
  5. Bidang penelitian sains juga memerlukan lulusan Teknik Pertambangan lho. Kamu pun bisa jadi seorang akademisi.

Program Studi Teknik Industri

Prodi Teknik Industri berdiri sejalan dengan berdirinya Sekolah Tinggi Teknologi Industri (STTIND) Padang yaitu pada tahun 1982. Prodi Teknik Industri merupakan Prodi pertama kali di STTIND Padang. Dan Prodi  yang pertama ada Di Sumatra Barat sebelum lahirnya prodi TI diperguruan tinggi lainnya. Pada saat ini Alumni Prodi Teknik Industri sudah tersebar bekerja diberbagai Institusi baik dalam institusi pemerintahan maupun swasta. Sarana dan Prasarana perkuliahan di prodi Teknik Industri sudah memadai, memiliki 6 laboratorium dalam melaksanakan Pratikum yaitu :1) Laboratorium Sistim Produksi 2.) Laboratorium Perancangan Sistem Kerja dan Ergonomi 3.) Laboratorium PTLP 4.) Laboratorium Proses Manufaktur , Serta memiliki laboratorium bersama yaitu:5.) Laboratorium  Komputer dan 6.)Laboratorium Bahasa Ingris (Toufl). Sesuai dengan visi,misi Program Studi Teknik Industri bertujuan menghasilkan lulusan Teknik Industri yang mumpuni, berjiwa Enterpreneur, mampu memperbaiaki, merancang, mengoperasikan system integral yang terdiri dari manusia , mesin, bahan ,informasi, peralatan dan Energi.