Universitas Riau Kepulauan

Universitas Riau Kepulauan atau disingkat UNRIKA merupakan Universitas swasta yang pertama kali beridiri di Kepulauan Riau. UNRIKA merupakan pengembangan dari Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) dan Sekolah Tinggi Teknik (STT) Batam yang mulai berdiri sejak tahun 1993 oleh Yayasan Perguruan Tinggi Batam (YPTB). Saat ini UNRIKA telah memiliki 5 Fakultas, 14 Program Studi S1 dan 1 Program Studi S2. UNRIKA memiliki Kampus Induk di Jl. Batu Aji Baru No. 99 Kota Batam dan Kampus II di Palm Spring Blok A1 No. 7-7A-8 Batam Centre.

Fakuktas dan Program Studi UNRIKA:

1. Fakultas Teknik (FT), Program Studi:
  1. Teknik Sipil
  2. Teknik Elektro
  3. Teknik Industri
  4. Teknik Mesin
  5. Arsitektur
2. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Program Studi:
  1. Pendidikan Bahasa Inggris
  2. Pendidikan Matematika
  3. Pendidikan Sejarah
  4. Pendidikan Biologi
  5. Bimbingan Konseling
3. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP), Program Studi:
  1. Ilmu Pemerintahan
4. Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), Program Studi:
  1. Manajemen
  2. Akuntansi
5. Fakultas Hukum (FH), Program Studi:
  1. Ilmu Hukum
Pascasarjana, Program Studi:
  1. Magister Manajemen

Jl. Pahlawan No. 99 Batu Aji, Kota Batam

Program studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Riau Kepulauan Riau (UNRIKA) menghasilkan lulusan yang unggul, kreatif, dan mandiri yang dapat menjalani profesi sebagai pendidik matematika yang profesional, peneliti bidang pendidikan matematika, edupreneur, dan pengembang sumber dan media pembelajaran matematika.

Progran Studi Pendidikan Sejarah FKIP Universitas Riau Kepulauan merupakan salah satu program studi di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan yang berkonsentrasi dalam bidang Pendidikan Sejarah dengan misi menghasilkan tenaga ahli pendidikan dalam bidang sejarah yang profesional, unggul, kreatif, mandiri, dan adaptif pada tingkat ASEAN tahun 2030

Program Studi Bimbingan Konseling Unrika program studi satu satunya yang ada di Kepulauan Riau yang menghasilkan tenaga pendidik yang yang mampu mengaplikasikan konsep, teori dalam bidang BK, pendidikan, psikologi sebagai dasar penyelenggaraan layanan BK yang unggul, kreatif dan mandiri dan tenaga BK di luar sekolah yang menguasai pengetahuan dan keterampilan dalam bidang pelayanan bimbingan konseling yang unggul, kreatif dan mandiri di luar sekolah.

Profil Pendidikan Bahasa Inggris

1. Sebagai Pendidik
Deskripsi:
Sarjana pendidikan yang memiliki kemampuan kerja, penguasaan pengetahuan, kemampuan manajerial, dan tanggung jawab sebagai pendidik dalam bidang mata pelajaran Bahasa Inggris pada jenjang pendidikan dasar dan menengah jalur pendidikan formal dan non-formal yang
berkepribadian baik, berpengetahuan luas dan mutakhir di bidangnya serta mampu mengembangkan keprofesiannya secara berkelanjutan.

2. Sebagai Praktisi Bahasa Inggris
Sarjana pendidikan yang memiliki kemampuan kerja, penguasaan pengetahuan, kemampuan manajerial, dan tanggung jawab sebagai praktisi bahasa yang meliputi penerjemah, interpreter, saksi ahli, peneliti, dan pengembang bahan ajar, karya tulis, dan karya sastra Bahasa Inggris dalam bentuk digital dan non-ditigal sesuai
dengan prinsip dan etika penerjemahan, interpretasi, saksi ahli, peneliti, dan pengembangan bahan ajar yang berkepribadian baik, berpengetahuan luas dan mutakhir di
bidangnya, peka terhadap kebutuhan pasar, dan
menjunjung tinggi nilai-nilai etika akademik dan etika profesi.

3. Sebagai Edupreneur
Sarjana pendidikan yang memiliki kemampuan kerja, penguasaan pengetahuan, kemampuan manajerial, dan tanggung jawab sebagai wirausahawan di bidang pendidikan bahasa Inggris dan bidang lain yang menguasai
dan mampu menerapkan prinsip-prinsip pengembangan unit usaha / bisnis, mampu merancang, melaksanakan, mengevaluasi, dan meningkatkan secara berkelanjutan, serta memasarkan layanan dan inovasi usaha / bisnis
berbasis teknologi baik luar jaringan (offline) maupun dalam jaringan (online).

Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Riau Kepulauan berdiri sejak tahun 2006 dengan SK pendirian nomor 068/D/2006. Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Riau Kepulauan sudah mendapatkan akreditasi B sejak 2015 dan tahun 2020 Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Riau Kepulauan mendapatkan kepercayaan dari BANPT untuk memangku akreditasi B kembali dengan nomor SK 6910/SK/BAN-PT/Ak-PPJ/S/XI/2020. Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Riau Kepulauan telah dipercaya oleh berbagai pihak dalam pengembangan keilmuan, hal ini dibuktikan dengan terbentuknya aliansi dan kemitraan antara Program Studi Pendidikan Biologi dengan berbagai pihak seperti Sanggar Kegiatan Belajar Kota Batam, Balai Perikanan dan Budidaya Laut Batam, PT. Konsulindo, Konsorsium Pendidikan Biologi Indonesia, dan berbagai Universitas dalam dan Luar Negeri. Profil Lulusan Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Riau Kepulauan tidak hanya menjadi calon pendidik namun juga peneliti, laboran, edupreneurship, entrepreneurship

Program Studi Ilmu Pemerintahan FISIP UNRIKA sebagai pusat pengembangan dan pengkajian Ilmu Pemerintahanyang unggul, kreatif dan mandiri di Kepulauan Riau Kepulauan.

Program Studi Ilmu Hukum adalah merupakan program studi yang berada di bawah Fakultas Hukum yang sudah berakreditas B sejak tahun 2017 berdasarkan Keputusan BAN-PT No.1680/SK/BAN-PT/Akred/S/V/2017. Program studi ilmu hukum memiliki visi menjadi program studi yang memiliki integritas dan keilmuan di bidang hukum untuk menghasilkan sumber daya unggul dan profeional di kepulauan riau Pada Tahun 2035 dan Misi untuk mewujudan visi tersebut adalah (1) Menyelenggarakan Pendidikan Hukum sebagai wadah pengembangan ilmu hukumkarakter dan profesional (2), menyelenggarakan penelitian hukum untuk pengembangan keilmuan hukum yang dapat menjadi gagasan pembangunan dalam penegakkan hukum (3) dan pengabdian masyarakat demgan pembberdayaan sumber daya manusia dan ilmu hukum dalam rangka peningkatan kesadaran hukum bagi masyarakat. Program Studi Ilmu Hukum memiliki 3 (tiga) pembagian jurusan yaitu Hukum Pidana, Hukum Perdata dan Hukum Tata Negara/Hukum Administrasi Negara.

Program Studi Akuntansi UNRIKA  menghasilkan lulusan S1 dibindang akuntansi. 

Program studi Manajemen menghasilkan intelektual di bidang manajemen keuangan, pemasaran, sumber daya manusia yang kreatif dan mandiri. Profil lulusan program studi Manajemen yaitu menjadi Manajer, Wirausahawan dan Peneliti.

Program Studi Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Riau Kepulauan, Dibuka sejak Tahun 2006 dengan visi menghasilkan lulusan dibidang teknik elektro yang profesional, unggul, kreatif, mandiri dan mampu bersaing di era globalisasi pada tingkat nasional. Jumlah mahasiswa aktif ditahun 2021 ini sekitar 230 Mahasiswa dengan jumlah dosen tetap program studi sebanyak 8 Orang. Prodi Teknik Elektro UNRIKA sudah terakreditasi Baik.

VISI: Menghasilkan lulusan yang unggul, kreatif dan mandiri serta mampu menjadi komunitas arsitektur dalam bidang arsitektur melayu, industri dan kemaritiman.

MISI:
1. Menyelenggarakan pengajaran pendidikan arsitektur, penelitian, serta pengabdian kepada masyarakat yang peka dan arif terhadap rekayasa lingkungan binaan dan budaya setempat.
2. Lulusan mampu berfikir secara komprehensif namun tetap sensitif terhadap nilai-nilai lokal setempat serta tetap berperan aktif dan peduli terhadap lingkungan.
3. Membentuk tenaga-tenaga profesional arsitektur yang siap dikembangkan baik sebagai akademisi, peneliti maupun di dunia praktisi industri.

TUJUAN:
1. Menghasilkan lulusan sarjana arsitektur yang memiliki pengetahuan dan kompetensi di bidang arsitektur serta mampu bersaing dalam skala nasional maupun internasional.
2. Menghasilkan penelitian maupun karya bidang arsitektur yang memiliki daya saing, berkontribusi bagi perkembangan keilmuan dan kreatifitas mahasiswa khususnya serta masyarakat pada umumnya.
3. Pengabdian kepada masyarakat dalam bentuk penerapan serta pengembangan arsitektur yang bermuatan lokal, industri dan kemaritiman yang tepat guna.

SASARAN:
1. Setiap dosen dan mahasiswa Program Studi Arsitektur mampu menghasilkan dan mengembangkan hasil penelitian maupun karya yang bermanfaat serta meningkatkan kerjasama dengan masyarakat dan pemerintah.
2. Setiap dosen dan mahasiswa Program Studi Arsitektur memiliki kreatifitas dalam konteks kearifan lokal serta mampu bekerja secara profesional.
3. Setiap dosen dan mahasiswa Program Studi Arsitektur berkontribusi dalam pengembangan arsitektur yang bermuatan lokal, industri dan kemaritiman yang tepat guna.

Program Studi Teknik Industri UNRIKA fokus pada industri Manufaktur. 

Lulusan Program Studi Teknik Mesin Unrika menguasai kemampuan dan karakter yang diharapkan dalam hasil capaian pembelajaran yang ditetapkan oleh PS.
Lulusan Program Studi Teknik Mesin Unrika :
Mampu menerapkan sains, matematika dan prinsip-prinsip perancangan untuk membuat peralatan/alat bantu kerja/mesin, melakukan analisis dan merancang sistem mekanika
Memiliki karakter Unggul, Kreatif, Mandiri (UKM)

Program Studi Teknik Sipil UNRIKA fokus dalam bidang kajian bagaimana proses merancang, membangun tidak hanya gedung, tapi juga insfrastruktur lainnya. Prodi Teknik Sipil UNRIKA juga mengkaji unsur-unsur bangunan seperti beton, baja, aspal, dan lain-lain.