Politeknik Kampar

Politeknik Kampar merupakan Perguruan Tinggi Bidang Sawit yang berdiri sejak tahun 2008 atas kerjasama antara Pemerintah Kabupaten Kampar dan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti). Politeknik Kampar merupakan salah satu anggota Asosiasi Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Sawit Indonesia (ALPENSI)  sejak tahun 2019. Saat ini alumni  Politeknik Kampar sudah banyak yang bekerja pada berbagai bidang seperti Industri Kelapa Sawit, Manufaktur, Perbankan, Pemerintahan, Informasi dan Teknologi (IT), Telekomunikasi,  Pendidikan, Seni Kreatif dan Desain, Oleochemicals dll. Alumni tersebut tersebar mulai dari wilayah barat hingga timur Indonesia, bahkan beberapa diantaranya ada yang sudah bekerja di perusahaan asing.  

Program studi :

  1. Teknik Pengolahan Sawit (D3) - akreditasi B 
  2. Perawatan dan Perbaikan Mesin (D3) - akreditasi B
  3. Teknik Informatika (D3) - akreditasi B
  4. Administrasi Bisnis Internasional (D4) - terakreditasi baik

Politeknik Kampar hadir sebagai salah satu institusi yang memenuhi kebutuhan tenaga kerja bidang sawit yang meningkat setiap tahunnya. Pada tahun 2016 diperkirakan sebanyak 8,2 juta tenaga kerja di bidang sawit baik tenaga kerja  langsung maupun tidak langsung. Angka ini akan mengalami peningkatan dan diperkirakan akan mencapai 43 juta pada tahun 2030. 

Jl. Tengku Muhammad KM.2, Batu Belah, Kec. Bangkinang Kota, Kabupaten Kampar, Riau 28411

Program Studi D3 Teknik Pengolahan Sawit (TPS) merupakan program studi  pertama di Indonesia yang mempelajari sawit dimulai dari pembibitan hingga produk turunan dari sawit. Program studi ini terakreditasi B dan memiliki fasilitas pembelajaran yang lengkap serta didukung oleh Pabrik Pengolahan dan laboratorium berskala industri, sehingga dapat memberikan “real experience” dunia industri pada mahasiswanya.
Lulusan program studi ini dipersiapkan untuk dapat bekerja di berbagai sektor di industri sawit seperti perkebunan, laboratorium, proses produksi dan pengolahan maupun pengolahan limbah. Lulusan program studi Teknik Pengolahan Sawit juga dipersiapkan untuk bekerja diluar industri sawit, seperti industri perkebunan lainnya, industri kimia baik pangan maupun non pangan.
Adapun perusahaan yang telah menggunakan lulusan program studi Teknik Pengolahan Sawit antara lain adalah First Resources Group, PT Asian Agri, PT Duta Palma, PT. Palma Inti Lestari, PT. Sinar Mas, PT. Wilmar, PT Triputra Argo Persada, PT. Pacific Indopalm Industries dan lain sebagainya.

Program Studi D3 Perawatan dan Perbaikan Mesin (PPM) saat ini sudah terakreditasi B. Program studi ini mengajarkan ilmu dan keterampilan pemeliharaan mesin terutama pada mesin industri ditunjang dengan keterampilan perancangan mekanik dan keterampilan pengoperasian mesin-mesin perkakas (konvensional dan CNC), peralatan las dan fabrikasi . 
Setiap lulusan dibekali keterampilan dalam melaksanakan kegiatan perawatan mesin-mesin perkakas dan mesin-mesin industri baik dari segi mechanical, electrical dan sistem kontrol. Lulusan juga terampil dalam merencanakan jadwal perawatan mesin-mesin industri. Kegiatan perancangan komponen dan peratalan mekanik sederhana yang memenuhi kebutuhan spesifik juga merupakan salah satu ketarampilan yang dimiliki lulusan program studi ini.
Lulusan program studi perawatan dan perbaikan mesin mempunyai peluang kerja di semua bidang industri antara lain Industri Pengolahan Sawit; Industri Pengolahan Hasil Pertanian; Industri Manufaktur; Industri Pembangkit dan lain sebagainya. Adapun perusahaan yang telah menggunakan lulusan program studi First Resources Group, PT. Andritz Pulp and Paper, PT. Mitra Bumi, PT. Citra Bumi, PT. Anugrah Riau Perkasa, PT. Indojaya Agrinusa, PT. Asrindo, PT. MHE Demagindo Batam, PT. Tri Putra Argo dan lain sebagainya.

Program Studi D3 Teknik Informatika (TIF) saat ini sudah terakreditasi B. Prodi TIF hadir di Politeknik Kampar agar dapat membantu pengembangan teknologi informasi di industri sawit. Mahasiswa pada program studi ini dituntut untuk mampu berintegrasi dengan perkembangan teknologi masa kini dan masa depan. Pada program studi ini, mahasiswa dibekali kemampuan teknik untuk menyediakan solusi untuk permasalahan IT yang dihadapi dengan merancang dan membangun sebuah sistem berbasis cloud, web maupun mobile devices. Mahasiswa juga diarahkan untuk membangun dan mengembangkan sistem IT untuk membantu proses pengolahan sawit yang saat ini masih konvensional.
Dengan kompetensi tersebut, lulusan program studi ini memiliki peluang kerja disemua bidang yang menggunakan IT termasuk di industri sawit dan dapat berkarir sebagai Application Developer, Embeded System Programmer, IT Support, Database Adminisrtator, Network Administrator dan Technopreneur. Terlebih lagi, mahasiswa di program studi ini mengetahui proses pengolahan sawit yang akan menjadi nilai lebih bagi mereka saat bekerja di industri sawit. Adapun perusahaan yang menggunakan lulusan program studi ini adalah Dinas Perhubungan Kampar, PT. Palma Inti Lestari, PT Batam Bintan Telecomunication, dan lain sebagainya.

Program Studi D4 Administrasi Bisnis Internasional (ABI)  merupakan program studi yang mengajarkan mengenai administrasi dalam bisnis pada skala internasional, dalam hal penjualan komoditi sawit maupun barang jadi. Prodi ABI saat ini sudah terakreditasi Baik. Prodi ini mengajarkan mahasiswanya pemahaman dan praktik tentang administrasi dan bisnis untuk tingkat internasional dengan menjadikan industri sawit sebagai contoh kasus di setiap pembelajaran. Berdasarkan hal tersebut, maka lulusan D4 ABI memiliki peluang kerja di berbagai bidang terutana di industri sawit sebagai konsultan bisnis, analis bisnis,  manager SDM, konsultan manajemen, marketing eksekutif, manajer produk, manajer marketing, investor,  analis keuangan. Pengetahuan tentang sawit yang didapatkan oleh mahasiswa di prodi D4 ABI menjadi nilai tambah tersendiri bagi lulusannya sehingga sangat memungkinkan mereka untuk berkarir di industri sawit.